Selasa, 15 Mei 2012

ini yg masih blm digoreng....udah dicowel - cowel anakku, gak sabar katanya heheheh..







DONAT KENTANG EMPUK

Donat adalah makanan favoritku..apalagi donat kentang..heemmm satu gigitan tidak bs dilupakan kelembutannya....Karena aku doyan banget ma donat makanya aku suka bikin sendiri donat di rumah. Dan kebetulan Denise dan Amira juga suka...makanya aku selalu lungkan waktu untuk buatkan para peri kecilku donat kesukaan mereka.
Aku terkadang sering browsing di internet berbagai macam resep donat ( maklum aku masih pemula di dapur heheheh..) makanya sering comot resep - resep donat di internet dan aku praktekkan di dapur. Kali ini aku coba bikin donat kentang empuk seperti gambar diatas, dan hasilnya...heemmm teksturnya lembut dan empuk tahan untuk 1-2 hari lho....keempukannya. Yang mau coba - coba di rumah, mungkin boleh dicoba resepku ini..siapa tau donat kentang empuk ini juga memenuhi selera teman - teman...silakan di coba .....

Donat Kentang Empuk

Bahan :
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi ( aku pake cap cakra kembar )
  • 50 gr susu bubuk
  • 200gr kentang, dikukus dan dihaluskan
  • 11 grm ragi instan ( fermipan )
  • 75 gr mentega
  • 100 gr gula halus
  • 4 butir kuning telur
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml air dingin
Cara membuat:
  • Ayak terigu, campur semua bahan kedalam 1 wadah uleni hingga rata, kalis dan elastis.
  • Istirahatkan adonan selama 15 menit (bs dijemur sebentar dengan ditutup kain basah agar cepat mengenbang...ini caraku lho...)
  • Bagi adonan menjadi 50 gr dan bulat - bulatkan, kemudian diamkan lagi 20 menit hingga mengembang sempurna.
  • Lubangi tengahnya membentuk donat dan segera goreng ghingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  • Terakhir toping boleh dimodifikasi sesuai selera. Kalau aku paling suka dengan toping coklat blok yang dilelehkan dan ditaburi meses atau combinasi coklat blok warna ( dihias seperti produknya dunkin donat ) atau ditaburi gula halus juga yummy....
Ada yang mau order? silakan hub. 081515908160 atau 082331138016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar